Salam sobat INFO… kali ini Master mau membahas tentang bagaimana cara menulis daftar pustaka dari internet, karena banyak sekali master menemukan artikel-artikel yang sama persis di internet yang tidak mencantumkan sumber dari mana mereka mengutip informasi-informasi tersebut. Artikel sebelumya Apa Itu Google Adsense?
Kenapa harus mencantumkan sumber?
Contohnya seperti ini, jika anda membuat sesuatu yang merupakan hasil dari kerja keras anda selama ini dan anda menyimpannya di internet, tapi suatu ketika anda menemukan hasil yang sama persis tapi berada di website milik orang lain tanpa mencantumkan sumber asalnya. Maka anda akan merasa sangat kesal dan marah. Karena anda membuatnya dengan susah payah sedangkan mereka hanya tinggal Copy dan Paste saja alias menconteknya saja.
Maka untuk menghargai suatu karya atau hasil kerja keras seseorang alangkah baiknya jika kita mencantumkan sumber dari mana kita melakukan refrensi, Karena tidak ada salahnya jika kita mencantumkan sumber anda mendapatkan informasi.
Berikut ini adalah urutan penulisan dafter pustaka dari internet :
- Nama pengarang. Penulisan nama pengarang sama seperti aturan penulisan nama pada daftar puskata biasa, yaitu nama depan ditulis di belakang.
contoh :
Nama asli : Navo Mudiarcana.
Penulisan Nama : Mudiarcana, Navo.
- Judul. Judul tulisan di beri tanda kutip.
Contoh :
”Menulis daftar Pustaka dari Internet”
- Tanggal Akses.
Contoh :
23 Mei 2014.
- Alamat Situs atau Blog. Alamatnya harus berupa URL (Uniform Resource Locator) alias :
Rangkaian karakter menurut suatu forat standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukan alamat suatu sumber seerti dokumen dan gambar di internet. Seperti ini : http://www.indobazz.blogspot.com/label/URL
Contoh penulisan Daftar Pustaka dari Internet
Mudiarcana, Navo.”Menulis daftar Pustaka dari Internet”.23 Mei 2014.
Kekuatan dan keaslian Sumber Rujukan Pustaka
Mengambil refrensi atau sumber dari internet itu tidak boleh sembarangan saja. Hal ini dikarenakan tulisan yang berada di internet banyak sekali yang hasil Plagiat atau Copy dan Paste (COPAS). Apalagi jika anda ingin membuat sebuah karya ilmiah, pertanggungjawabannya cukup berat sehingga anda harus hatihati dalam memilih sumber refrensi.
Alangkah baiknya jika anda merujuk pada situs yang besar yang menjadi rujukan banyak orang seperti wikipedia atau untuk refrensi anda bisa mengambilnya dari koran ternama. Atau bula anda mau mengambil hasil survey politik, kita kutip dari situs LSI misalnya. dan apabila kita ingin mengambil pendapat seuah oraganisasi misalnya, kita kutip angsung dari situs resmi organisasinya.
Jadi dapat disimpulkan, jika anda ingin mencari dan mengambil sebuah refrensi ambillah dari sumber yang terpercaya, tidak asal hasil COPAS. Kenapa hal itu harus di lakukan? Hal ini dimaksudkan untuk menjaga kemurnian dan kekuatan argumen tulisan. Sehingga bila anda ditanya tentang keaslian dan kekuatannya. Andatidak akan ragu karena memang berasal dari sumber yang kuat dan memiliki kualitas tulisan yang baik.